Monday, November 9, 2020

Kemajuan Musik Digital dan Pengaruhnya pada Generasi Muda Saat Ini

Musik merupakan suatu hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur msuik yaitu irama, melodi, harmoni, bentuk dan struktur musik serta ekspresi sebagai satu kesatuan.  Salah satu cara penyampaian musik yaitu melalui pertunjukan musik. Namun, perkembangan teknologi membuat pertunjukan musik secara langsung menjadi semakin jarang diminati oleh para penikmat musik. Selain itu, media pertunjukan musik secara langsung juga menjadi kian sempit bagi para musisi karena fenomena keberalihan cara menikmati musik dari waktu ke waktu.

Perkembangan Teknologi dan Musik

Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi, hal ini memberi dampak negatif terhadap menurunnya minat masyarakat dalam menonton pertunjukan musik secara langsung. Penulis menemukan artikel yang berjudul “Jangan Salahkan Teknologi” yang membahas tentang hadirnya “new technology” yang menyebabkan terpuruknya industri musik. Dalam sebuah diskusi yang diadakan di San Fransisco Music Tech Summit, Lowery mempertanyakan apakah bisnis model digital yang baru akan lebih menguntungkan bagi para musisi.

    Dalam pandangannya, meskipun para artis musisi menjadwalkan tur dan roadshownya lebih banyak tahun ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, namun rupanya minat orang yang datang ke tempat pertunjukan musik cenderung menurun. Ia mengatakan bahwa hadirnya Youtube dimana orang-orang dapat menonton pertunjukan musik tanpa harus bersusah payah datang ke tempat konser diindikasikan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi turunnya minat seseorang menonton konser.

    Lebih lanjut David mengkritisi situs pencarian seperti Google yang telah menampilkan hasil pencarian berupa link ke situs ilegal. Meskipun Google juga telah menyediakan ruang pengaduan dengan DMCA, David memaparkan betapa mudahnya situs ini untuk diretas atau di crack (Ibid). Situs pencarian seperti Google juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi menurunnya minat orang untuk menonton pertunjukan musik. Selain Youtube dan situs pencarian Google lainnya, faktor adanya perusahaan rekaman yang mencetak lagu berupa fisik dan digital seperti kaset, CD, DVD, dan saat ini berkembang ke teknologi digital, Soundcloud, RBT dan Apple dengan iTunes-nya menyediakan aplikasi musik yang bisa mengunduh atau mendownload lagu secara online, juga membuat menurunnya apresiasi orang untuk datang menonton pertunjukan musik secara langsung.

    Semakin canggihnya teknologi akan membuat orang menjadi malas untuk pergi menonton pertunjukan musik secara langsung. Selanjutnya, interaksi antara musisi dan fans secara langsung di gedung konser tidak akan dijumpai lagi.

Perubahan Musik karena Perkembangan Teknologi

1. Bentuk fisik : Kaset atau VCD

Dalam industri perekaman musik, kaset atau VCD merupakan media mereka untuk menjual musik mereka. Konsumen dulu menggunakan media kaset untuk mendengarkan musik-musik yang mereka ingin dengarkan. Perkembangan Teknologi saat ini, membuat kaset atau VCD menjadi kurang diminati konsumen. Mereka lebih memilih menggunakan media digital untuk menikmati musik yang mereka inginkan.

2. Bentuk Digital :  iTunes dan Download Digital

Perkembangan teknologi membuat media fisik seperti Kaset atau VCD menjadi kurang diminati, karena dengan kemudahan akses musik yang mereka inginkan sangat mudah dan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli kaset fisik yang cukup mahal harganya. Saat ini, industri perekaman musik menggunakan bentuk digital untuk mencetak lagu-lagu mereka. Contoh dari bentuk digital yaitu iTunes.

    iTunes merupakan salah satu dari produk dari perusahaan raksasa teknologi Apple. Dengan adanya layanan aplikasi ini para penggunakan iPhone dapat membeli dan mendownload musik dan produk digital lainnya dengan cepat dan mudah. Kemudahan ini dijadikan alasan bagi para pemilik modal bahwa iTunes telah memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk keuntungan perusahaan. Sejak aplikasi iTunes di luncurkan, Apple telah menjual lebih dari 10 miliar lagu. Bentuk Daya Hitung inilah yang digunakan para pemilik modal untuk mampu menghitung segala keuntungan dengan perhitungan yang telah dipersiapkan. Contohnya jika konsumen mengunduh satu lagu, maka mereka harus membayar Rp 7.000; dan dikalikan dengan jumlah semua pengunduh seluruh dunia, maka hasilnya dapat dihitung sesuai dengan prediksi.


Kesimpulan

Kesimpulan yang saya dapatkan, Perkembangan Teknologi pada musik sangat berpengaruh pada industri musik maupun konsumen, Dengan adanya Musik Digital maka Industri musik sangat terbantu karena mereka tidak memerlukan media kaset yang membuat modal produksi mereka cukup besar. Dan untuk konsumen, kehadiran musik digital memberikan mereka akses dengan mudah dan murah, Mereka tidak perlu membeli kaset fisik yang memiliki harga cukup mahal.

referensi :

https://www.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-01258589/era-digital-pengaruhi-perkembangan-musik-372689

https://core.ac.uk/download/pdf/230917789.pdf

http://journal.isi.ac.id/index.php/invensi/article/download/1802/530

No comments:

Post a Comment