Monday, October 8, 2018

4 Cara Mengatasi Layar Hitam Karena Hardware


Nah saya akan bagi-bagi tips lagi, tidak jauh dari artikel sebelumnya tapi kali ini saya akan membagikan Cara Mengatasi Layar Hitam Karena Hardware. Langsung aja kuy.

Mengatasi Layar Hitam Karena Hardware

1. Masalah terletak pada kabel.

     Kabel menjadi salah satu kemungkinan yang menyebabkan layar pada laptop/komputer kita hitam. Bila kabel yang menghubungkan monitor ke VGA rusak, tidak dapat menampilkan apa-apa. Coba kabel di komputer lain untuk mengecek rusak tidaknya. 

       Cek juga penempatan kabel nya, biasanya orang yang menggunakan VGA add-on/eksternal suka salah dalam penempatan portnya. Jadi pasti kan anda menggunakan VGA Onboard atau VGA Add-on.

2. Masalah terletak pada VGA.

      Salah satu masalah utama bila layar blank yaitu terletak pada VGA. Bila VGA Onboard pada komputer anda rusak bisa beli VGA add-on, kalau anda menggunakan VGA add-on pastikan VGA anda terpasang dengan baik. 

      Masih tidak nyala? coba pasang dikomputer lain, jika bisa berarti slot yang ada dimotherboard komputer anda rusak. Solusinya beli baru motherboard :D

3. Masalah terletak pada Memory RAM.

      Masalah Layar hitam mungkin juga disebabkan karena kegagalan memori. Dalam hal ini, coba lepas memori lalu pindahkan memori ke slot yang berbeda. Jika tidak bisa mungkin karena memori anda sudah berumur dan minta diganti. 

4. Masalah terletak pada perangkat tambahan

      Perangkat tambahan seperti Harddrive, DVD drive, Lan Card bila rusak juga bisa menyebabkan layar hitam juga. Coba bongkar semua nya, lalu pasangkan komponen utama (RAM, Processor, Power supply, motherboard). Coba nyalakan, bila menyala kemungkinan besar penyebabnya perangkat tambahan tersebut.

Demikian tips dari saya. Masih tidak bisa? Beli baru aja mending.

Share bila ini bermanfaat dan kalian bisa subscribe kami dengan men-submit email kalian dibawah halaman website kami. Agar kalian bisa mendapatkan notifikasi bila kami update :)

No comments:

Post a Comment