Wednesday, November 7, 2018

Manfaat Mahasiswa di Dalam Kehidupan Masyarakat

forumlkissah.blogspot.com
           Keberadaan mahasiswa merupakan salah satu unsur penting didalam pemerintahan, dimana mahasiswa telah dianggap menjadi agen pembawa perubahan bagi suatu negara. Untuk itu sebagai kaum intelektual, mahasiswa harus memberikan manfaat untuk masyarakat dengan berbagai karyanya. Mahasiswa lahir dari masyarakat dan sudah sepatutnya mahasiswa berperan aktif dalam kepentingan masyarakat untuk kemajuan bangsa ini.

Ini merupakan suatu kebanggan tersendiri, dimana mahasiswa tidak hanya sebagai orang yang sedang menempuh pendidikan di suatu perguruan tinggi, tetapi juga sebagai wadah yang memberikan solusi untuk sebuah permasalahan yang timpul dalam kehidupan masyarakat. Bukan hanya menjadi sebuah kebanggaan bisa menyandang gelar mahasiswa, tetapi juga menjadi sebuah tantangan bagi mereka, karena mereka memiliki tanggung jawab dan peran yang begitu besasr dalam membawa perubahan suatu bangsa.

Peranan Mahasiswa

geotimes.co.id
Mahasiswa merupakan golongan akademis yang memiliki tempat sendiri didalam masyarakat. Tidak hanya sekedar menuntut ilmu dan menjadi IP setinggi-tingginya tetapi tidak melupakan perannya dalam membangun bangsa ini. Aktivitas yang dilakukan mahasiswa seharusnya tidak hanya belajar memahami mata kuliah yang diajarkan dosen dan mengerjakan tugas kuliah tetapi mahasiswa harus berkontribusi nyata dalam membela kebutuhan rakyat. Selain itu, mahasiswa juga termasuk dalam golongan idealis yang memiliki keyakinan dan pemikiranyang belum terpenuhi oleh urusan partai politik, organisasi masyarakat, maupun urusan-urusan lainnya. Berikut adalah peran dan fungsi mahasiswa dalam masyarakat sosial.

  1. Sebagai agent of change secara nyata melakukan tindakan yang berdampak langsung kepada masyarakat. Contohnya melalui kegiatas sosial, melakukan penelitian dan menuliskannya sebagai jurnal maupun paper, menjadi panitia acara-acara untuk umum, mengikuti kegiatan seminar dan kegiatan lain yang bermanfaat baik untuk umum maupun diri sendiri.
  2. Mengikuti Program Kreativias Mahasiswa. Dnegna mengikuti PKM, mahasiswa bisa menjadi kreatif dan lebih peduli terhadap masyarakat. Mahasiswa mencari permasalahan yang ada pada masyarakat dan mencari cara untuk menyelesaikan permasalahn tersebut. Selain bermanfaat utnuk orang lain, kegiatan ini juga melatih kemampuan mahasiswa dalam berbagai hal.
  3. Menjalankan fungsi kontrol sosial. Artinya mahasiswa melalui kegiatan yang terkait bisa melakukan pengaturan atas apa yang dilakukan masyarakat. Misalnya menjadi alat untuk menyampaikan aspirasi masyarakat luas kepada pemerintah atas kebijakan-kebijakan tertentu. Selain itum mahasiswa juga bisa lebih dekat dengan semua golongan masyarakat sehingga mereka bisa mengetahui pola kehidupan sosial seperti apa yang ada saat ini dimasyarakat.
  4. Mengontrol pemerintah. Mahasiswa adalah perwakilan dair masyarakat yang paham betul dengan kebijakan pemerintah dan untk mengkritik serta mengawasinya.
  5. Menjadi teladan bagi masyarakat. Mahasiswa adalah orang yang patut di teladani karena memiliki level pendidikan yang secara teori lebih banyak di bandingkan dengan masyarakat lainnya.
  6. Bagian dari demokrasi. Pengertian demokrasi modern menuntut mahasiswa adalah pelopor untuk menjalankannya seperti ikut pemilu dan sebagainya.
  7. Pengawasan. Mahasiswa menjalankan pengawasan terhadap fungsi DPR dan fungsi MPR dalam menjalankan tugasnya.
  8. Inovasi dan penemuan. Mahasiswa di tuntut dapat memberikan inovasi dan penemuan terbaru dalam bidangnya yang dapat membantu masyarakat.

Fungsi

geotimes.co.id
      Bisa dikatakan bahwa mahasiswa merupakan komunitas kaum intelektual yang memiliki tempat tersendiri di dalam masyarakat. Ia tidak lagi berperan sebagai siswa sekolah yang tugasnya hanya untuk belajar, tetapi ia merupakan golongan yang memiliki idealisme, yaitu suatu kebenaran yang murni diyakini dari diri seseorang dan tidak dipengaruhi oleh adanya faktor-faktor eksternal yang dapat membuat makna kebenaran tersebut tergeser.

Adapun fungsi dari mahasiswa antara lain adalah:

1. Sebagai Iron Stok
Sifat mengalir yang dimiliki oleh organisasi-organisasi yang ada ditandai dengan adanya pergantian kekuasaan, yaitu dari golongan yang tua kepada golongan yang muda, sehingga proses kaderisasi akan diperlukan secara terus menerus. Kampus atau perguruan tinggi merupakan salah satu wadah yang menyediakan kader-kader berkualitas yang akan sangat sayang apabila tidak dimanfaatkan.

Dan mahasiswa sebagai salah satu unsur dari perguruan tinggi tersebut merupakan generasi yang diharapkan mampu menjadi pribadi yang tangguh yang memiliki kemampuan serta moralitas yang baik, sehingga nantinya dapat menjadi pengganti bagi generasi-generasi sebelumnya. Dalam artian yang lain, bahwa mahasiswa merupakan cadangan (stock), aset, serta harapan bagi masa depan suatu bangsa. Itulah mengapa dikatakan bahwa mahasiswa adalah iron stock bagi suatu bangsa. Sejarah telah membuktikan bahwa perubahan-perubahan besar terjadi ditangan generasi muda. Hal tersebut telah terjadi sejak zaman nabi, zaman kolonialisme, hingga zaman reformasi seperti sekarang ini, dimana yang menjadi garda terdepan dari perubahan kondisi bangsa adalah para pemudanya.

2. Sebagai Guardian Of Value
Mahasiswa merupakan kalangan akademis yang dalam mencari suatu kebenaran akan selalu berfikir secara ilmiah. Di kalangan masyarakat, salah satu peran penting mahasiswa adalah menjaga nilai-nilai dan hak dan kewajiban warga negara yang sudah tertanam di masyarakat yang memiliki kebenaran mutlak yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa dan bukan sebagai hasil pragmatisme semata. Selain itu, mahasiswa juga harus menjaga nilai-nilai yang berasal dari kebenaran alamiah yang merupakan representasi dari kebesaran Tuhan Yang Maha Esa sebagai dzat yang Maha Mengetahui. Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk mencari kebenaran yang berlandaskan pada pemikiran ilmiah yang bersumber pada ilmu-ilmu yang telah mereka dapatkan dan untuk selanjutnya harus diterapkan dalam kehidupan masyarakat dan selalu dijaga.
Jadi pemikiran yang menyatakan bahwa mahasiswa adalah sebagai guardian of value berarti bahwa mahasiswa merupakan golongan penyampai dan penjaga nilai-nilai kebenaran yang bersifat mutlak, dimana nilai-nilai tersebut diperoleh berdasarkan pemikiran untuk selalu mencari nilai kebenaran yang mereka miliki.
3. Sebagai Agent of Change
Sebagai agent of change, berarti mahasiswa merupakan salah satu agen pembawa perubahan, dimana sebagai golongan eksklusif, sudah sepantasnyalah jika mahasiswa menjadi garda terdepan dalam melakukan perubahan-perubahan di suatu bangsa.
Suatu perubahan memiliki arti yang sangat penting, dimana dalam ajaran agama islam telah disebutkan bahwa suatu kaum harus mau berubah bila mereka menginginkan suatu keadaan yang lebih baik. Kita juga bisa melihat dari kondisi yang dialami bangsa kita saat ini, dimana berbagai penyakit masyarakat telah banyak sekali menghinggapi kehidupan bangsa ini, mulai dari pejabat tinggi hingga pejabat kelas bawah dan akhirnya menjalar kepada rakyat yang akan  menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan. Oleh karena itu, sudah menjadi suatu hal yang wajib jika kita melakukan perubahan, dimana hal tersebut merupakan harga mutlak dan pasti akan terjadi meskipun kita hanya berdiam diri. Karena meskipun kita diam, akan tetapi kita juga telah ikut dalam melakukan perubahan, meskipun hasilnya belum tentu sesuai dengan apa yang kita harapkan.
4. Sebagai Social control
Dalam menjalankan fungsinya sebagai social control, mahasiswa bertindak sebagai penengah antara pemerintah dan masyarakat, dimana mahasiswa sebagai penyampai pendapat dan aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan mahasiswa juga harus menunjukkan sikap yang baik terhadap masyarakat. Selain itu, sebagai kontrol sosial, mahasiswa juga memiliki tugas untuk berbagai kebijakan dan peraturan yang  dibuat untuk kepentingan pribadi maupun kelompok.
Mahasiswa adalah insan akademis yang salah satu cirinya adalah memiliki sense of crisis, yaitu dimana mereka harus selalu kritis dan peka terhadap masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitarnya yang mengikuti pengaruh globalisasi saat ini. Hal tersebut akan terwujud dengan sendirinya apabila mereka selalu memiliki pemikiran untuk mencari kebenaran-kebenaran yang bersifat ilmiah. Dengan begitu maka diharapkan mereka dapat memahami tentang masalah-masalah yang sedang terjadi serta dapat mencari solusi-solusi yang tepat untuk menyelesaikannya. Ciri yang lain adalah mahasiswa harus bisa mengembangkan dirinya sehingga mereka dapat generasi yang selalu tanggap dan mampu menghadapi segala tantangan di masa depan.

Pendapat Saya

           Menurut saya, mahasiswa sangat berperan penting dalam perkembangan bermasyarakat dengan menghasilkan karya-karya nya, saling membantu, dan juga memberikan pendapat terhadap pemerintahan di Indonesia ini. Mahasiswa sangat berperan dalam perkembangan bermasyarakat selain dengan menghasilkan karya-karya juga, memberikan prestasi untuk negara ini. Memiliki Ilmu atau kemampuan yang lebih baik, dengan begitu kita bisa memberikan atau sharing ilmu atau kemampuan yang kita miliki agar berguna untuk orang lain. Dengan kita memberikan ilmu kepada orang lain, itu sudah termasuk dalam memberikan perkembangan yang lebih baik dalam bermasyarakat. Dan juga memberikan inovasi terbaru atau penemuan-penemuan baru yang bermanfaat dalam lingkungan bermasyarakat. 
Sumber :
https://guruppkn.com/peran-dan-fungsi-mahasiswa-dalam-masyarakat-sosial-pasca-reformasi
https://guruppkn.com/peran-dan-fungsi-mahasiswa-dalam-masyarakat
http://falihilmi.blogs.uny.ac.id/2015/09/20/peran-mahasiswa-dalam-masyarakat/

No comments:

Post a Comment